BENDUNGAN CURAH COTTOK

0
920

Wisata alam yang kaya dengan sejuta panorama indah yang dapat memberikan hiburan setelah beberapa minggu anda disibukkan dengan banyaknya pekerjaan yang anda hadapi. Objek wisata yang satu ini memang cocok sekali untuk dikunjungi. Bendungan Curah Cottok nama yang sangat asing anda dengar ditelingga anda. Bendungan tersebut berlokasi di Desa Curah cottok Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Bendungan tersebut merupakan bendungan alami yang di pergunakan oleh masyarakat sekitar sebagai sarana irigasi untuk lahan pertanian di wilayah lokasi tersebut. Air dari bendungan tersebut berasal dari sumber mata air di sekitar objek wisata serta dari resapan air hujan. Pada musim kemarau tiba debit air pada bendungan tersebut menjadi berkurang atau sedikit. Lokasi Bendungan Curah Cattok berjarak sekitar kurang lebih 1 kilometer dari jalur jalan Desa Curah Cattok. Akses jalan menuju lokasi tersebut sudah memadai serta dapat dilewati kendaraan roda dua maupun roda empat. Serta terdapat sarana pendukung lainya yaitu berupa penunjuk jalan yang sangat representatif serta memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke objek wisata Bendungan Curah Cottok tersebut.Pada hari libur tiba objek wisata di Bendungan Curah Cattok sangatlah ramai dikunjungi pada oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan luar daerah kususnya pada hari minggu. Bendunagn Curah Cattok memiliki banyak potensi yang perlu dikembangkan, mengingat bendungan tersebut merupakan bendungan alami dimana debit mata airnya tersedia sepanjang tahun.

Bendungan Curah Cottok menjadi andalan masyarakat kota Situbondo. Sebagian besar dari masyarakat Kota Situbondo, sangat memerlukan kebutuhan sumber daya air dari bendungan tersebut yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian di wilayah sekitar Kota Situbondo. Selain sebagai sarana irigasi, Bendungan Curah Cottok tidak lepas dari perhatian pemerintah Kota Situbondo. Untuk melestarikan alam sekitar bendungan yang memiliki potensi alam yang sangat indah serta menawan, pemerintah Kota Situbondo menjadikan lokasi Bendungan Curah Cottok sebagai tempat objek wisata alam bagi masyarakat sekitar maupun para wisatawan luar daerah.

Selain hal tersebut pemerintah Kabupaten Situbondo juga memberikan kenyamanan serta fasilitas guna menunjang hiburan di objek wisata Bendungan Curah Cattok yang diantaranya berupa, hiburan Pentas Music yang dilaksanakan setiap perayaan Tahun Baru, serta perlomba memancing di Bendungan Curah Cattok diadakan setiap 6 bulan sekali. Beberapa fasilitas yang mulai dirintis oleh pemerintah kota Situbondo kedepan berupa pembuatan gazebo,serta penambahan area tempat pemancingan ikan. Selain itu juga pemerinta Kota Situbondo juga merencanakan perluasan lahan untuk pengembangan objek wisata berupa fasilitas diantaranya penambahan lokasi kuliner, penambahan wahana sepadah air, pengadaan wahana Flaying Fox, penambahan keramba apung, serta pengadaan kamar mandi dan toilet.

Dari sekian banyak fasilitas yang ada tentunya masih ada kekurangan yang perlu disentuh oleh pemerintah Kota Situbondo berupa lampu penerangan sehingga dapat menjadikan lokasi objek wisata Bendungan Curah Cattok sebagai objek wisata malam. Demikian informasi yang dapat kami berikan semoga bermanfaat.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY